August 9, 2017

PENYEBAB KULIT BERJERAWAT

Ada yang tahu obat jerawat yang ampuh? Kalau ada, tolong hubungi saya ya. Beberapa tahun ini saya selalu dipusingkan oleh jerawat. Padahal dari riwayat kakek nenek buyut saya, nggak ada tuh yang berjerawat. Kulitnya mulus-mulus aja walaupun agak mbuseng. Jangan-jangan saya bukan keturunan asli mereka, Naudzubillaah! Nggaklah, ngaco. Udah tes golongan darah dan DNA kok kalau saya ini perawan ting-ting keturunan mereka.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat? Memang agak menjengkelkan ya topiknya. Saya sudah mencoba berbagai cara tapi hasilnya sama saja. Malah bulan ini merupakan fase yang paling parah. Muka ini jadi gampang banget tumbuh benjol-benjol menyakitkan yang tidak bertanggung jawab. Perasaan ini muka udah dibersihin setiap hari pakai sabun zaitun, cleanser, dan masker kunyit. Kurang asoy apa coba? Ya sudahlah, apa daya.

Saya pun mulai berpikir ulang, kenapa bisa ada jerawat di muka saya ini. Alhasil, ini dia beberapa dugaan yang menyebabkan kulit saya jerawatan. 

#1 Facial Foam
Oh, mungkin karena salah pakai facial foam. Dahulu kala waktu warna kulit saya masih kaya pantat panci, saya memutuskan untuk perawatan agar lebih kinclong. Alhasil semua produk pembersih muka yang berpotensi untuk memutihkan kulit saya coba. Walaupun gonta-ganti merk gara-gara kemakan iklan, tapi kulit saya masih mulus tuh. Eh, waktu apesnya, saya coba pembersih muka PONDS. Kalau nggak salah yang warna pink kalau nggak gitu ya yang hitam. Spontan deh, kulit saya langsung bruntusan. Saya kira cuma sementara, eh keterusan sampai sekarang. Kan sebel ya. (by the way, ini faktor kecocokan produk saja. Saya hanya sharing yang sebenarnya tanpa bermaksud menyudutkan brand tertentu. Emang kulit saya aja yang cemen.)

#2 Hormon
Katanya masa remaja itu adalah masa dimana kadar hormonnya mulai aktif bekerja. Iya, begitu pula di muka saya. Hiperaktif malahan. Hormon ini akan menyebabkan benjolan di bagian jidat, pipi, hidung, dagu, dan area-area sekitarnya. Alhasil, muka saya jadi kaya gini ini. By the way, usia saya ini sudah 21 tahun lo, seharusnya kadar hormonnya gak segila anak remaja. Kok malah menjadi-jadi sih. Ampun dewa. 

#3 Ikut Aktivitas Outdoor
Nah, ini yang menjadi dilema. Outdoor adalah tempat yang bikin happy, tempat asik buat mengadu nyali. Ada basket, paskibra, dan jalan-jalan ke mana saja. Yeaah. Bagi orang yang berjiwa ngelayap tentu nggak akan peduli seberapa banyak matahari yang menyengat. Yang dipikirin cuma having fun aja. Padahal di luar sana sinar UV-nya dapat mengancam kulit. Belum lagi debu-debu di jalan. Kan gimana gitu ya. Sungguh bertolak belakang dengan jiwa saya. Alhasil, banyak sekali kotoran yang menyumbat pori ditambah kulit yang semakin kusam. Serba salah jadinya. 

#4 Suka Mencet Jerawat
Sudah saya sadari sejak lama. Kebiasaan memencet jerawat memang buruk sekali. Super duper buruk. Memang, memencet jerawat itu ada tantangan sendiri. Geli-geli asoy gimana gitu. Euforianya kaya dapet ikan setelah beberapa hari terombang-ambing di lautan. Meskipun begitu, kebiasaan ini memicu peradangan di kulit sehingga wajah jadi belang-belang hitam menjijikkan. Selain itu jerawat yang dipencet berpotensi untuk menyebar di area tetangganya. Sedih banget nggak sih. Pantes saja jerawat saya gak ilang-ilang. 

#5 Make Up Berat
Yups, memakai make up berat. Memakai make up berat ini maksudnya make upnya berpotensi untuk menyumbat pori. Seperti foundation, concealer, bedak padat, dll. Tujuan utamanya sih untuk memperbaiki penampilan akibat jerawat. Tapi ya gitu, muka tertutup sempurna eh jerawat malah merajalela. Hasilnya ya makin parah. Sumpah pengen nangis. 

#6 Begadang
Malam adalah dunia yang paling damai. Banyak ide-ide mengucur di malam hari sehingga banyak pula orang-orang yang begadang untuk mengais rejeki (rejeki yang halal bo, jangan berpikir macem-macem). Alhasil muka ini makin jerawatan. Kalau yang pernah saya baca di salah satu artikel sebelah, begadang menyebabkan hormon di dalam tubuh jadi bingung. Yang semula bisa aktif bekerja saat tubuh sedang tidur rileks, eh pemiliknya masih on aja. Jadi serba salah mau keluar orangnya masih melek. Nggak keluar udah waktunya kerja. Alhasil, racun-racun tersebut dikeluarkan lewat jerawat. Gatau mekanismenya seperti apa, yang jelas begadang bikin jerawat membabi buta. 

#7 Jarang Minum Air Putih
Lah ini, penyebab jerawat makin subur. Dapat edukasi dari artikel sebelah kalau jerawat ini bakal tumbuh subur kalau jarang minum. Lupa juga mekanismenya seperti apa, yang jelas berhubungan dengan pembersihan racun tubuh. 

Kalau dipikir-pikir, udah tahu ini penyebabnya sekarang tinggal menjauhi pemicunya saja. Walaupun agak berat, ya mau bagaimana lagi. Mungkin banyak orang yang bernasib sama dengan saya. Yuk, jangan patah semangat! Jerawat kita bisa hilang kok! Mari berjuang bersama! Target 6 bulan jerawat hilang yaaa. 

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comments!